Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Gaji UMR Kredit Rumah, Bisa?

Sebagai seorang pekerja, mempunyai rumah di usia muda merupakan dambaan bagi setiap individu. Keinginan tersebut bukanlah hal yang mustahil jika anda. Sekarang ini sudah banyak pihak pengembang yang menawarkan rumah murah melalui program KPR.

Kepemilikian rumah, pada umumnya dijadikan sebagai tolok ukur kesuksesan seseorang dalam bekerja. Tidak hanya yang sudah berkeluarga saja, melainkan yang masih lajang dan fresh graduate juga mempunyai keinginan untuk segera memiliki rumah sendiri.

Yang menjadi pertanyaan apakah bisa gaji UMR kredit rumah? Pengalaman saya pribadi dulu waktu beli rumah melalui program KPR bisa kok. Yang terpenting anda benar-benar bisa memanajemen keuangan dengan baik sehingga rumah tersebut bisa segera menjadi hak milik. Jangan bangga dulu jika anda berhasil lolos kredit rumah, yang perlu dipikirkan apakah bisa anda membayar cicilannya sampai selesai?

Bagi anda yang masih berpenghasilan UMR, jangan berkecil hati dulu. Setiap keinginan yang dibarengi dengan tekad kuat, tentu akan bisa terwujud. Lantas bagaimana caranya gaji UMR bisa kredit rumah? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1.Rajinlah Mencari Informasi Mengenai Penawaran Rumah

Mencari rumah yang pas dan nyaman tidak semudah dan secepat membeli kacang goreng. Anda harus gencar perihal mengumpulkan informasi sebanyak – banyak mengenai penawaran rumah.

Infomasi bisa anda dapatkan dari mana saja, mulai dari internet atau pun dari kantor pemasarannya langsung. Yang terpenting, agar anda mampu membayar cicilannya, sesuaikan dengan gaji yang anda dapatkan setiap bulannya.

Misalnya saja anda mempunyai penghasilan 3 juta rupiah per bulan, maka harga rumah yang cocok untuk kondisi keuangan anda sekarang ini adalah maksimal 130 juta rupiah saja. Jika diambil rata-rata perbulannya kira-kira cicilan 900 ribuan hingga 1,2 jutaan.

Tergantung lama tenor yang anda ambil. Untuk tenor sendiri, sebaiknya anda ajukan dalam jangka waktu paling cepatnya saja agar rumah tersebut bisa segera sah anda miliki. Rata-rata sekarang ini tenor ditawarkan antara 15 sampai 20 tahun lamanya.

2.Buatlah Rencana Kapan Akan Mulai Mengajukan Kredit Rumah

Sebelum anda memutuskan untuk mengajukan kredit rumah, tentu diperlukan perencanaan yang matang, konsistensi dan juga komitmen. Buatlah target berapa tahun lagi anda akan mengajukan kredit rumah.

Dengan demikian maka anda akan lebih bersemangat dalam mengumpulkan DP atau uang mukanya. Ingat semakin anda tunda, harga rumah akan semakin melambung tinggi. Jadi lebih cepat akan lebih baik, tapi tetap harus melakukan pertimbangan dengan baik.

3. Cari Tahu Mengenai Besaran DP atau Uang Muka yang Harus Dibayarkan

Dengan mengetahui DP atau uang muka sejak awal, maka anda bisa segera menyiapkannya dananya jauh – jauh hari dengan mulai mendisiplinkan diri untuk menabung. Dengan begitu anda akan lebih bersemangat mengumpulkan dana tersebut. Berbeda jika anda hanya mengira – ngira besaran Dpnya, tentu anda akan seenaknya saja dalam hal mengumpulkan dana tersebut.

4.Buat Rencana Tabungan Tiap Bulannya

Disiplinkan diri anda untuk menabung rutin setiap bulan agar pengajuan kredit rumah bisa segera diproses lebih lanjut. Untuk besarannya sendiri, sebaiknya anda perhatikan dan perhitungkan baik-baik. Hindari menyisihkan uang gaji untuk alokasi rumah seadanya atau mungkin seikhlasnya. Karena hal ini akan membuat anda lebih lama untuk bisa memiliki rumah.

Usahakan untuk tertib dan berkomitmen setelah anda membuat ketentuan. Misalnya saja setiap bulan anda wajib menyisihkan 1 juta rupiah dari gaji anda untuk alokasi DP rumah, maka anda lakukan hal tersebut tiap bulannya. Nominal lebih boleh, namun jika kurang jangan ya.


5.Carilah Rumah yang Ditawarkan dengan Bunga Flat dan Rendah

Ini penting untuk diperhatikan, terkadang banyak orang tidak memahaminya sehingga terjebak dengan transaksi rumah dengan suku bunga setiap tahunnya naik dan tinggi. Untuk itu, pastikan terlebih dahulu bahwa rumah yang sudah anda incar, bekerjasama dengan pihak bank yang menyediakan penawaran bunga flat dan rendah. Informasi ini bisa anda gali melalui marketingnya langsung. Datanglah ke kantor galeri marketingnya saja untuk menghindari percaloan.

6.Mulai Bangun Bisnis Sampingan

Untuk bisa membangun bisnis sampingan di zaman yang serba modern seperti ini tidaklah sulit, asalkan anda ada kemauan. Misalnya saja menjadi reseller produk, freelance produk digital seperti penulis artikel, pembuat desain logo, pembuat website atau pekerjaan tambahan lain yang intinya bisa menambah pemasukan bagi anda setiap bulannya.

Pekerjaan tambahan perlu anda lakukan guna menghindari resiko-resiko di kemudian hari dimana anda dalam masa sulit dan tidak mampu membayar cicilan setiap bulannya. Karena resiko itu bisa saja terjadi kepada anda yang semua masih lajang, kemudian menikah dan memiliki anak.

Dengan perubahan kondisi yang tidak anda duga-duga sebelumnya, tentu pengeluaran yang membengkak akan membuat anda menjadi kebingungan. Dengan mempersiapkan antisipasi membangun bisnis sampingan, seiring berjalannya waktu pasti ada perkembangan.

Dana dari bisnis sampingan inilah yang nantinya bisa digunakan untuk back up jika masa sulit tiba-tiba menghampiri anda. Sedia payung sebelum hujan, dan memikirkan resiko jangka panjang tentu akan lebih aman.

Dengan memiliki tanggungan kredit rumah, mau tidak mau anda harus menyisihkan sebagian uang gaji untuk membayar cicilan tersebut. Hikmah yang bisa diambil pada kejadian ini adalah anda menjadi lebih disiplin dan bijak dalam mengelola keuangan. Istilah uang gaji habis tanpa jejak pun tidak akan lagi terjadi. Selamat mencoba ya, semoga berhasil dan anda bisa segera memiliki rumah idaman.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara gaji UMR bisa kredit rumah, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Syarat Umum Pengajuan Kredit Mobil
Perbedaan Gaji dengan Upah
Punya Gaji Tinggi, Bagaimana Tetap Rendah Hati?
10 Kesalahan Umum Pengguna Kartu Kredit
Apa itu Cash Advance? Definisi Cash Advance
Pilih Kredit Rumah atau Kredit Mobil?
Daftar Gaji Fresh Graduate (Lulusan Baru) Tahun 2018
Ingin Mempercepat Peluasan KPR? Perhatikan Dulu Hal-Hal Berikut Ini
Pengangguran Digaji? Ini Dia Untung Ruginya!
Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Naik Gaji


Bagikan Ke Teman Anda