Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Mengapa WeChat & AliPay Popular di China?

Kecanggihan teknologi telah merambah ke semua aspek kehidupan, termasuk pembayaran dalam transaksi jual beli sehari-hari. Kini banyak aplikasi yang menawarkan pembayaran secara online, sehingga Anda bisa bertransaksi dengan lebih nyaman.

Inilah yang kini terjadi pada masyarakat China di segala lapisan. Kehidupan finansial mereka kini didominasi oleh dua aplikasi pembayaran: WeChat payment dan Alipay. Keduanya sangat populer di China dan digunakan berbagai kalangan, muda hingga tua dengan berbagai latar belakang pendidikan dan kelas sosial.

Bagaimana WeChat dan Alipay Merubah Masyarakat China

Hadirnya WeChat dan Alipay sebagai aplikasi pembayaran mampu merevolusi China menjadi cashless society hanya dalam waktu semalam. Mereka bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk membeli berbagai barang dan jasa, mulai dari segelintir semangka hingga tiket pesawat.

Tanggapan masyarakat yang sangat positif berpengaruh besar terhadap kesuksesan kedua aplikasi tersebut. Alih-alih protes dan mengeluh, masyarakat China justru menyambut baik kedatangan dua teknologi canggih ini karena membuat hidup mereka menjadi lebih mudah dan efisien.

Hebatnya lagi, teknologi baru ini tidak hanya menguasai anak muda, tetapi juga masyarakat dalam rentang umur yang lebih tua. Berbagai lapisan masyarakat China, bahkan hingga petani yang tinggal di pedesaan telah menggunakan WeChat dan Alipay untuk pembayaran.

Satu fakta yang mungkin sangat mencengangkan adalah, pengemis di China mulai menggunakan WeChat dan Alipay bagi orang-orang yang beralasan tidak memiliki uang tunai untuk diberikan pada mereka.

Kelebihan WeChat dan Alipay Hingga Menjadi Sangat Populer

Popularitas WeChat dan Alipay sebagai aplikasi pembayaran memang sangat tinggi. Hampir tidak ada masyarakat China yang tidak menggunakan kedua aplikasi tersebut. Apa kelebihan yang ditawarka oleh aplikasi tersebut hingga menjadi sangat populer?

  • Jauh lebih praktis dan nyaman

Alasan pertama tentu saja adalah kepraktisan dan kenyamanan dalam bertransaksi. Kedua aplikasi tersebut sangat mudah digunakan dimana saja dan kapan saja di China. Anda bisa melakukan pembayaran di mall, warung-warung kecil, atau bahkan kios-kios di pinggir jalan dengan menggunakan WeChat dan Alipay. Tidak perlu repot, Anda cukup memindai barcode dan transaksi pun selesai.

Tidak perlu menunggu penjual menghitung uang Anda, menghitung kembalian, dan memberikannya kepada Anda. Jika Anda adalah orang yang menganut paham waktu adalah uang, hal-hal kecil seperti ini bisa sangat membuang waktu. Hadirnya aplikasi pembayaran di China seperti WeChat dan Alipay membuat segalanya lebih prakit dan nyaman, baik bagi pembeli maupun penjual.

  • Menurunkan resiko copet

Tindakan kriminal seperti copet masih menjadi masalah di berbagai negara, termasuk China. Hadirnya aplikasi pembayaran menciptakan cashless society di China. Hal tersebut membawa dampak positif pada aspek kehidupan yang lain, yaitu menurunkan resiko copet.

Logikanya sederhana saja, jika Anda tidak membawa dompet maka copet tidak akan tertarik untuk membidik Anda. Selain menurunkan angka kriminalitas, hal ini juga meringankan kecemasan dan stress pada seseorang yang ingin melakukan transaksi dalam jumlah besar.

  • Tidak perlu membawa uang kemana-mana

Membawa uang – terlebih koin – bisa sangat merepotkan. Bayangkan ketika Anda sedang mengantri di sebuah restoran dalam barisan panjang, tiba-tiba saat membayar uang koin Anda jatuh dan berceceran di segala penjuru. Ada dua hal yang sangat mungkin terjadi: 1) Anda merasa malu karena harus memungutinya satu per satu; dan 2) setmua orang akan berusaha membantu Anda memunguti koin Anda yang bisa membuat Anda jauh lebih malu.

Tentu saja tidak ada orang yang ingin mengalami kejadian di atas. Itulah mengapa masyarakat China lebih suka menggunakan aplikasi pembayaran untuk bertransaksi. Tidak perlu membawa uang dan dompet kemana-mana, dan pembayaran bisa dilakukan dalam waktu singkat.

  • Banyak penawaran promo dan kupon

Aplikasi pembayaran yang bekerja sama dengan banyak merchant akan sering mengadakan promo dan menawarkan kupon bagi para pengguna. Ini jugalah yang terjadi pada WeChat dan Alipay. Semua kupon dan diskon tersedia menjadi satu di dalam aplikasi, sehingga Anda tidak perlu repot-repot mencari tahu tempat mana yang sedang mengadakan diskon atau kupon apa yang sedang ditawarkan.

Sekali lagi ini adalah tentang efisiensi. Bayangkan betapa mudahnya transaksi jika Anda bisa menemukan diskon, kupon, sekaligus melakukan pembayaran dalam satu waktu.

  • Laporan pengeluaran yang lengkap

Mencatat pengeluaran adalah hal terpenting dalam mengelola keuangan pribadi. Namun tetap saja ada beberapa orang yang kerap melewatkan kebiasaan tersebut karena mereka terlalu sibuk. Belum lagi jika jumlah pengeluaran tidak sesuai dengan sisa uang yang dimiliki. Anda pasti akan pusing memikirkan kemana sebagian uang Anda pergi.

Namun hal itu tidak akan terjadi jika Anda menggunakan aplikasi pembayaran seperti WeChat atau Alipay. Anda bisa mendapatkan laporan yang lengkap – baik itu harian, mingguan, atau bulanan – tentang semua transaksi yang Anda lakukan. Anda bisa mengaksesnya dengan mudah kapan saja dan dimana saja, tanpa harus repot membuka catatan dan membawa buku kemana-mana. Sangat mudah dan praktis bukan?

  • Promosi perusahaan

Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan adalah promosi yang dilakukan oleh perusahaan. Itulah yang mempengaruhi popularitas WeChat dan Alipay sebagai aplikasi pembayaran di China. Kedua perusahaan tersebut melakukan sosialisasi dan promosi pada masyarakat secara gencar hingga mereka semua tertarik untuk menggunakan aplikasi tersebut.

Untuk mencapai perubahan, ada banyak pihak yang berperan dan ikut berpengaruh di dalamnya. Hadirnya teknologi baru disambut dengan baik oleh masyarakat yang menginginkan perubahan. Perlu diingat bahwa tidak mudah merubah sebuah tradisi yang ada di dalam masyarakat. Bagaimana China menyikapi hadirnya terknologi baru benar-benar pelu ditiru oleh masyarakat manapun di dunia.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang alasan mengapa WeChat & AliPay popular di China, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Deddy Corbuzier: Rahasia Mengapa Orang Cina / Tiongha pada Kaya
Bagaimana Membeli Barang dari China Secara Grosir?
Efek Pertumbuhan Ekonomi Cina Melambat
Waspada Fintech P2P Ilegal dari Cina
Efek Pertumbuhan Ekonomi Cina Melambat
10 Perusahaan Terbesar di China
Beda Yuan vs Renminbi, Mana Sebenarnya Mata Uang China?
P2P Lending Bangkrut? P2P Lending Penipu? Ini di China!
Tips Keuangan Ala Orang Tiongha
Mengapa Barang Dari China Murah?


Bagikan Ke Teman Anda