Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Siapa Itu Fitch Rating?

Fitch rating merupakan suatu lembaga pemeringkat kredit international credit rating agency yang berkantor pusat di New York, Amerika Serikat dan juga London, Inggris. Fitch rating sendiri merupakan satu dari tiga organisasi pemeringkat statistik nasional (Nationally Recognized Statistical Rating Organizations) (NRSROs) yang telah ditunjuk oleh badan pengawas pasar saham Amerika (Securities and Exchange Commission) bersama dengan Moody’s dan Standar & Poor’s serta A.M Beast dan Dominion Bond Rating Service yang baru saja bergabung dengan NRSROs.

Sejarah Fitch Rating

Fitch rating didirikan oleh John Knowles Fitch pada 24 Desember 1913 di kota New York dengan nama Fitch Publishing Company. Kemudian pada bulan Desember tahun 1997, Fitch melakukan penggabungan usaha dengan perusahaan asal London, yaitu IBCA Limited yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh Perusahaan Perancis bernama Fimalac.

Selanjutnya di tahun 2000, tepatnya pada bulan April, Fitch mengambil alih Duff & Phelps Credit Rating.Co, sebuah lembaga pemeringkat kredit asal Chicago. Pada bulan Desember, masih di tahun yang sama, Fitch kembali melebarkan sayapnya dengan mengambil alih Thomson BankWatch.

Kendati demikian, Fitch masih merupakan lembaga pemeringkat kredit dengan kontribusi pasar terkecil jika dibandingkan dengan S&P dan Moodys. Akan tetapi masuk dalam 3 besar NRSROs.

Peringkat Kredit Jangka Panjang

Fitch memberikan peringkat kepada perusahaan berdasarkan skala yang dimulai dari “AAA” hingga “D”. Skala ini pertama kali digunakan di tahun 1924 yang akhirnya diikuti oleh S&P. Sementara itu, Moody’s juga menggunakan skala yang sama, hanya saja dalam kategori berbeda.

Seperti halnya S&P, Fitch juga menggunakan intermediate modifiers pada setiap kategori yang diberikan antara AA dan CCC (i.e., AA+, AA, AA-, A+, A, A-, BBB+, BBB, BBB-, dan seterusnya).

Berikut ini adalah arti dari skala yang diberikan:

Peringkat Investasi

  • AAA : Skala untuk perusahaan yang berkualitas terbaik
  • AA : Skala untuk perusahaan berkualitas, sedikit beresiko jika dibandingkan dengan perusahaan berperingkat AAA
  • A : Situasi ekonomi akan memiliki pengaruh terhadap kondisi keuangan perusahaan
  • BBB : Skala untuk perusahaan menengah, namun saat ini dalam kondisi memuaskan

Peringkat Non- Investasi (Junk Bonds)

  • BB : Cenderung akan mengalami perubahan dalam situasi ekonomi
  • B : Diperhatikan adanya variasi situasi keuangan
  • CCC : Perusahaan sedang goyah dan tergantung pada kondisi ekonomi yang menguntungkan agar dapat memenuhi kewajibannya
  • CC : Kondisi perusahaan sangat goyah, obligasi yang sangat spekulatif
  • C : Kondisi perusahaan sangat goyah sekali, ada kemungkinan pailit atau menunggak pembayaran, namun tetap mampu melanjutkan pembayaran obligasinya
  • D : Perusahaan diyakini gagal bayar dalam kewajibannya, dan S&P pun mengindikasikan bahwa perusahaan akan mengalami gagal bayar atas sebagian besar atau juga seluruh kewajibannya
  • NR : Tidak diberikan peringkat

Peringkat Hutang Jangka Pendek

Peringkat hutang jangka pendek yang diberikan oleh Fitch dapat diartikan bahwa tingkat kemungkinan potensial atas terjadinya gagal bayar dalam kurun waktu 12 bulan ke depan.

  • F1+ : Merupakan peringkat terbaik yang diberikan untuk menunjukkan bahwa debitur memiliki kapasitas sangat besar untuk memenuhi kebutuhannya
  • F1 : Dapat diartikan sebagai peringkat terbaik, menunjukkan bahwa debitur memiliki kapasitas besar untu memenuhi kebutuhannya
  • F2 : Peringkat baik dengan kapasitas memuaskan dari debitur untuk dapat memenuhi tanggung jawabnya
  • F3 : Peringkat cukup dengan kapasitas memadai dari debitur untuk memenuhi kewajibannya, namun kemunduran ekonomi yang terjadi dalam waktu dekat dapat berpengaruh pada komitmen debitur tersebut
  • B : Kondisi spekulatif, artinya debitur hanya memiliki kapasitas minimal untuk memenuhi kewajibannya, dan rentan terhadap penurunan kondisi keuangan dan ekonomi
  • C : Ada kemungkinan gagal bayar amat tinggi, dan komitmen keuangan dari debitur amat tergantung dari situasi yang menguntungkan, baik itu dalam dunia usaha maupun dalam kondisi ekonomi
  • D : Dinyatakan telah gagal bayar

Peringkat Rating Utang Indonesia

Lalu bagaimana dengan peringkat rating utang Indonesia?

Menurut Fitch Ratings, peringkat rating utang Indonesia berada pada level “BBB”. Maka seperti penjelasan yang kami ungkapkan di atas, Lembaga Pemeringkat tersebut menilai bahwa Indonesia memiliki prospek yang stabil, atas pertimbangan beban pemerintah yang cukup rendah, dengan prospek pertumbuhan yang baik, serta indikator struktural lainnya yang masih di bawah Negara peers.

Dilansir dari Reuters, Fitch Rating memberi laporan bahwa kebijakan moneter dan kebijakan tukar dari Bank Indonesia dinilai cukup membantu menstabilkan arus modal asing. Kendati demikian, Fitch Rating menilai masih ada kegelisahan di pasar aset mengingat adanya kemungkinan melebarnya defisit neraca berjalan serta ketergantungan modal asing.

Di samping itu, Fitch juga memprediksi pertumbuhan Indonesia akan meningkat ke level 5,2 % pada tahun 2019 dan 5,3 % pada tahun 2020, dari prediksi pertumbuhan 5,1 % pada tahun 2018. Pertumbuhan tersebut ditengarai oleh ditekannya laju pengeluaran untuk infrastruktur.

Pada bulan Desember 2018, Fitch telah menaikkan peringakat Indonesia dari BBB- menjadi BBB dengan outlook stabil lantaran adanya kebijakan ekonomi dan moneter yang menyebabkan ekonomi dalam negeri bertahan dari tekanan eksternal.

Meskipun memberi peranan yang cukup berarti untuk mengetahui peringkat kredit suatu lembaga, namun Fitch Rating dan Lembaga Pemeringkat lainnya kerap dijadikan sasaran kecaman sebagai penyebab kerugian besar pada pasar obligasi beragun aset, walau diberi peringkat tinggi oleh Lembaga Pemeringkat kredit.

Sebagai contoh, kerugian atas obligasi beragun aset sebesar 340,7 juta USD yang diterbitkan oleh kelompok usaha Credit Suisse yang masih bertambah lagi dengan 125 juta USD, kendati peringkat yang diberikan Moody’s adalah “AAA”.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang siapa itu Fitch Rating, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



10 Perusahaan Penyedia Layanan “Bisa Kredit Online, Tanpa Kartu Kredit”
Perbedaan KPR dengan Akad Murabahah, Ijarah Muntahiyah Bittamlik (IMBT), Musyarakah Mutanaqishah (MMQ), dan Istishna
Kartu Kredit: Balance Transfer, Apa Itu?
Apa Itu Corporate Credit Card? Definisi Corporate Credit Card
KPR untuk Kaum Milenial
10 Kesalahan Umum Pengguna Kartu Kredit
Untung Rugi Kredit Tanpa Agunan
Apa itu Grace Period? Definisi Grace Period
Gaji UMR Kredit Rumah, Bisa?
Mengapa Punya Utang Kartu Kredit Buruk?


Bagikan Ke Teman Anda