Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tanya Jawab Seputar Kredit Mobil

Mobil kini sudah seperti kebutuhan sekunder, bahkan primer untuk sebagian orang. Banyak orang yang merasa harus memiliki mobil meskipun tidak tergolong kaya raya. Beberapa cara dilakukan untuk mendapatkan mobil, kredit mobil salah satunya. Kredit mobil sendiri bisa dilakukan di bank atau perusahaan finance.

Nah bagi anda yang berencana kredit mobil, jawaban dari beberapa pertanyaan seputar kredit mobil di bawah ini mungkin bisa membantu. Apa saja pertanyaan yang dimaksud? Berikut ulasan serta jawabannya.

Syarat Umum Kredit Mobil Baru

Pertanyaan pertama yaitu tentang syarat mengajukan kredit mobil. Siapakah yang boleh melakukan kredit mobil? Jawabannya adalah siapa saja, asal memenuhi persyaratan berikut ini.

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Usia minimal 21 tahun, saat pelunasan usia maksimal 55 tahun, 60 tahun, atau 65 tahun (tergantung pekerjaan dan bank yang dipilih pemohon)
  3. Memiliki penghasilan tetap
  4. Melengkapi dokumen persyaratan seperti:
    • Mengisi formulir yang dikeluarkan oleh bank yang dipilih
    • Fotokopi KTP pemohon (jika sudah menikah, fotokopi KTP suami dan istri)
    • Fotokopi surat nikah (bagi yang sudah menikah)
    • Fotokopi Kartu Keluarga
    • Fotokopi sertifikat kepemilikan rumah/PBB/AJB
    • Fotokopi rekening tabungan 3 bulan terakhir/rekening koran
    • Fotokopi NPWP pemohon
    • Fotokopi surat keterangan penghasilan atau slip gaji (untuk karyawan)
    • Fotokopi SKDU/SITU (untuk wiraswasta)
    • Fotokopi SIUP/SKU (untuk profesional dan wiraswasta)
    • Fotokopi izin praktik profesi (untuk profesional)
    • Fotokopi SK Menteri Kehakiman (untuk profesional)

Kebanyakan bank menggunakan syarat umum di atas, tapi setiap bank memiliki ketentuan tersendiri. Jadi syarat di atas bisa bertambah ataupun berkurang tergantung bank yang anda pilih. Beda lagi jika kredit mobil di perusahaan finance. Biasanya syarat kredit mobil di perusahaan finansial lebih mudah.

Syarat Umum Kredit Mobil Bekas

Syarat umum kredit mobil bekas hampir sama saat kredit mobil baru. Namun syarat tetap tergantung kebijakan bank yang anda pilih. Ada bank yang memberi syarat lebih mudah dan ada pula yang memberi syarat lebih banyak. Dari semua syarat yang ditetapkan setiap bank, akan diambil gambaran besar syaratnya, yang diantaranya adalah

  1. Warga Negara Indonesia dengan sia minimal 21 tahun, saat pelunasan usia maksimal 55 tahun, 60 tahun, atau 65 tahun (tergantung pekerjaan dan bank yang dipilih pemohon)
  2. Memiliki penghasilan tetap
  3. Melengkapi dokumen persyaratan seperti:
    • Mengisi formulir yang dikeluarkan oleh bank yang dipilih
    • Fotokopi KTP pemohon (jika sudah menikah, fotokopi KTP suami dan istri)
    • Fotokopi KTP penjual mobil bekas
    • Fotokopi buku rekening tabungan bank yang dipilih, jika lewat perusahaan finance fotokopi rekening tabungan yang dimiliki (3 bulan terakhir)
    • Fotokopi slip gaji terbaru (karyawan) atau fotokopi bukti usaha (wiraswasta)
    • Fotokopi kartu keluarga
    • Fotokopi bukti kepemilikan rumah
    • Fotokopi STNK mobil bekas
    • Fotokopi BPKB mobil bekas

Dilihat dari syarat di atas, perbedaannya hanya pada pelampiran fotokopi KTP penjual mobil, STNK, dan BPKB. Jadi bisa dikatakan bahwa syaratnya tidak terlalu rumit. Syarat tersebut akan dipermudah lagi jika melakukan kredit di perusahaan finance.

Berarti perusahaan finance menawarkan kredit yang lebih baik daripada bank? Tidak juga, karena setiap jasa kredit selalu memilikiĀ  kelebihan dan kekurangan. Agar anda paham mana yang lebih baik, anda bisa menyimak pembahasan di bawah ini.

Lebih Baik Kredit Mobil di Bank atau Perusahaan Finance?

Baik menurut orang itu berbeda-beda. Begitu pula dengan pilihan antara kredit mobil diĀ  bank atau di perusahaan finance. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus anda ketahui agar anda bisa memutuskan kredit mana yang lebih baik. Langsung saja, berikut pembahasan keduanya.

  • Kredit Mobil di Bank

Hampir semua bank di Indonesia memiliki layanan kredit mobil, contohnya saja KKB (Kredit Kendaraan Bermotor)BRI, BNI Syariah Oto iB Hasanah, KKB BCA, KKB MTF Mandiri, dan masih banyak lainnya. Dari semua kredit yang ditawarkan bank, kita bisa lihat beberapa kelebihan dan kekurangannya. Kelebihan yang dimaksud antara lain yaitu

    1. Suku bunga rendah. Saat melakukan kredit mobil, besarnya suku bunga tentu sangat anda perhitungkan. Nah bank hanya mematok bunga rendah sehingga anda bisa mendapatkan mobil impian secara kredit dengan harga yang tidak terlalu jauh dari harga bayar kontan nya.
    2. Tidak perlu membayar kontan. Namanya saja kredit, maka pembayaran dicicil. Anda bisa mendapatkan mobil tanpa harus membayar kontan di awal. Memiliki mobil menjadi lebih mudah bukan?
    3. Jangka waktu panjang. Tenor atau jangka waktu kredit mobil di bank cukup lama karena ada bank yang memperbolehkan kredit mobil hingga 6 tahun. Namun sebaiknya memilih tenor yang sesuai dengan penghasilan anda, agar jatuhnya tidak kredit terlalu lama atau agar tidak mengangsur terlalu berat setiap bulannya.
    4. Angsuran ringan. Dengan tenor yang cukup lama dan bunga yang rendah, angsuran menjadi ringan. Dengan begitu anda tetap bisa memenuhi kebutuhan hidup lainnya saat melakukan kredit mobil di bank.
    5. Memudahkan yang ingin membuka usaha. Kredit mobil di bank menawarkan angsuran dan DP yang cukup ringan sehingga sangat pas bagi yang ingin membuka usaha. Uang yang awalnya digunakan untuk membeli mobil kontan bisa dimanfaatkan untuk DP mobil dan sisanya untuk modal usaha.

Kelebihan kredit mobil di bank cukup banyak, tapi ternyata tetap ada kekurangannya. Kekurangan yang dimaksud adalah

    1. Syarat pengajuan agak banyak. Pengajuan kredit mobil di bank tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Mereka yang ingin mengajukan kredit harus memenuhi syarat yang telah ditentukan pihak bank. Syaratnya pun ketat, benar-benar harus dipenuhi.
    2. Proses pengajuan cukup lama dan tidak mudah. Hal ini dikarenakan bank lebih selektif dalam memilih calon debitur. Debitur yang dipilih nantinya harus benar-benar bisa membayar DP dan cicilan per bulannya. Mereka juga harus lolos pengecekan riwayat kredit di BI atau sering disebut dengan BI checking. Jika riwayatnya buruk, kemungkinan besar pengajuan kredit mobil ditolak.

Kekurangan tersebut tidak terlalu berpengaruh jika anda memenuhi semua syarat dan memiliki riwayat kredit yang baik di BI. Jadi kredit mobil di bank bisa dikatakan sangat mudah dan menguntungkan bagi nasabah.

  • Kredit Mobil di Perusahaan Finance

Selain kredit di bank, kelebihan juga bisa anda dapatkan jika kredit di perusahaan finance. Perusahaan finance yang melayani kredit mobil tergolong sangat banyak seperti ACC (Astra Credit Company), Adira Finance, Oto Finance, dan lain sebagainya. Kelebihan kredit mobil di perusahaan tersebut antara lain yaitu

    1. Pengajuan kredit tergolong cepat. Dibanding bank, pengajuan kredit di perusahaan finansial tergolong cukup cepat. Memang ada syarat yang harus dipenuhi, tapi syaratnya tidak sebanyak dan seribet di bank. Jadi pas untuk anda yang membutuhkan mobil dalam waktu cepat.
    2. Syaratnya mudah. Syarat yang harus dipenuhi debitur tergolong lebih sedikit dan mudah. Bahkan beberapa perusahaan finansial melonggarkan syarat yang telah mereka tentukan. Bagi anda yang tidak mau ribet, anda bisa mencoba kredit mobil lewat perusahaan finansial.
    3. Tidak perlu membayar kontan. Pengajuan kredit mobil biasanya mewajibkan debitur untuk membayar DP sebanyak 30 persen, jadi tidak kontan atau membayar semua saat itu juga. Hal ini sangat memudahkan mereka yang belum memiliki dana penuh untuk membeli mobil.

Kelebihan yang dijelaskan di atas bisa sangat membantu orang yang ingin memiliki mobil, baik untuk usaha ataupun untuk kepentingan pribadi. Namun perlu diketahui bahwa ada pula kekurangannya, seperti:

    1. Bunga tergolong tinggi. Bunga yang ditetapkan perusahaan finansial biasanya lebih tinggi daripada bunga yang ditetapkan bank. Bagi mereka yang kurang mampu, hal ini menjadi beban tersendiri karena saat ditotal, harga mobil yang dibayar kredit jumlahnya jauh lebih banyak dibanding harga mobil saat dibayar kontan.
    2. Membayar biaya lainnya. Biaya yang dimaksud adalah biaya asuransi, administrasi, fiducia, dan lain sebagainya. Di bank juga membebankan biaya tersebut tapi nominalnya cenderung lebih kecil daripada di perusahaan finansial.

Kekurangan tersebut menjadi tidak berarti mengingat keuntungan yang akan diperoleh cukup besar. Karena itulah masih banyak orang yang senang melakukan kredit mobil di perusahaan finansial.

Dari keterangan kelebihan dan kekurangan yang telah dipaparkan di atas, anda pasti sudah memiliki gambaran ingin kredit mobil dimana. Namun jika masih bingung juga, beberapa poin ini bisa anda jadikan bahan pertimbangan.

  1. Jika tidak ingin ribet mengurus persyaratan kerdit mobil maka pilih kredit lewat perusahaan finansial.
  2. Jika mobil ingin segera digunakan atau perlu mobil dalam waktu cepat, pilih kredit lewat perusahaan finansial.
  3. Jika tidak ingin bunga yang terlalu besar, pilih kredit lewat bank.
  4. Jika sudah dipercaya pihak bank, pilih kredit lewat bank karena biasanya bank akan memudahkan nasabah yang sudah dipercaya dan memiliki riwayat kredit yang lancar.

Jadi antara bank dan perusahaan finansial tidak ada yang lebih baik. Semua baik dalam beberapa hal. Anda tinggal memilih poin baik mana yang lebih anda butuhkan.

Mengapa Pengajuan Kredit Mobil Ditolak?

Setelah memilih ingin mengajukan kredit mobil di bank ataupun di perusahaan finansial, anda perlu mengetahui alasan kredit mobil ditolak. Mengapa perlu tahu? Karena banyak orang yang merasa percaya diri pengajuannya diterima dan ternyata mereka ditolak.

Agar anda tidak mengalami hal yang sama, anda harus mempersiapkan hal yang dibutuhkan sebaik mungkin dan menghindari beberapa alasan kredit ditolak yang akan dijelaskan berikut ini.

1. Tidak lolos BI checking

Maksudnya tidak lolos adalah anda memiliki riwayat kredit yang buruk. BI checking merupakan informasi riwayat kredit debitur. Dengan informasi ini pihak bank bisa mengetahui apakah riwayat kredit anda bagus atau tidak. Jika nama anda masuk blacklist atau daftar hitam Bank Indonesia, jangan harap pengajuan kredit diterima.

Maka dari itu pastikan anda memiliki catatan kredit yang baik sebelum mengajukan kredit mobil. BI Checking ini bisa dilakukan mandiri di Bank Indonesia langsung atau via online dengan mengisi formulir di situs BI. Per tanggal 1 Januari 2018 anda juga bisa melakukan pengecekan di OJK dengan nama SLIK.

2. Penghasilan tidak mencukupi

Saat mengajukan kredit mobil, pihak bank atau perusahaan finansial pasti akan melakukan perhitungan rinci cicilan yang berkaitan dengan penghasilan anda. Semakin kecil penghasilan, semakin panjang tenor yang ditetapkan. Namun jika setelah diperhitungkan penghasilan anda tidak juga mencukupi, maka pengajuan anda akan ditolak.

Karena itulah pastikan penghasilan anda mencukupi. Cukup disini tidak hanya cukup untuk membayar angsuran, tapi cukup juga untuk membayar pengeluaran tiap bulannya. Jadi jika penghasilan anda kemungkinan besar hanya bisa untuk membayar angsuran, pengajuan anda pasti ditolak.

3. Tidak melengkapi semua persyaratan

Meskipun perusahaan finansial agak melonggarkan syarat pengajuan kredit mobil, anda tetap tidak boleh melewatkan syarat-syarat yang ditentukan. Jadi pastikan anda benar-benar menyiapkan semua syarat yang telah dijelaskan di atas. Namun syarat setiap bank dan perusahaan finansial berbeda, anda harus mencari informasi lebih detail sebelum mengajukan kredit mobil.

4. Calon debitur tidak mau diajak kerjasama

Kerjasama yang dimaksud terkait kebenaran data dan proses survei. Ternyata banyak calon debitur yang memberikan dokumen palsu sehingga saat survei hasilnya tidak sama. Ada pula yang mempersulit proses survei seperti tidak mengijinkan surveyor bank masuk ke dalam rumah dan lain sebagainya. Jika ingin pengajuan kredit diterima, anda tidak boleh melakukan hal tersebut.

5. Tidak mampu membayar DP

DP yang ditetapkan OJK minimal 30 persen. Jika anda tidak mampu membayarnya, maka pengajuan kredit kemungkinan besar akan ditolak. Memang ada perusahaan finansial yang menawarkan DP ringan di bawah 30 persen, tapi hanya berlaku untuk mobil tertentu.

Jadi saat ingin kredit mobil, pastikan anda memiliki uang 40 persen dari harga total mobil (30 persen untuk DP, 10 persen untuk jaga-jaga jika ada hal penting yang perlu dibayar saat proses berlangsung).

Untung Rugi Kredit Mobil untuk Taksi Online?

Terlepas dari beberapa bahasan di atas, kini kita akan membahas tentang untung rugi mengajukan kredit mobil untuk taksi online. Nah apakah kredit mobil untuk taksi online menguntungkan? Jawabannya tergantung strategi dan cara anda mengelola keuangan.

Jika anda sendiri yang akan menjadi sopir taksi online maka hitung terlebih dahulu apakah penghasilan bersihnya sisa setelah digunakan untuk membayar angsuran. Ingat ya, penghasilan bersih, bukan penghasilan kotor karena belasan juta yang didapat supir taksi online selama ini masih dipotong oleh banyak biaya lainnya.

Hal ini berlaku juga untuk mobil kredit yang disewakan pada driver taksi online. Pastikan anda hitung dengan rinci. Jadi untung dan rugi nya tergantung pada anda. Jika strategi anda tepat, anda bisa memperoleh banyak keuntungan. Namun jika salah, hasil taksi online hanya bisa untuk mengangsur mobil, bahkan anda tidak bisa mengangsur dan berakhir rugi.

Demikian tadi beberapa jawaban dari pertanyaan seputar kredit mobil. Semoga jawaban di atas bisa menjadi bahan pertimbangan anda saat ingin mengajukan kredit mobil.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tanya jawab seputar kredit mobil, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Pertanyaan & Jawaban Seputar Kredit Tanpa Anggunan (KTA)
Apa Itu Kredit Usaha Rakyat (KUR), KUR Mikro, KUR Retail, & KUR TKI?
9 Pertanyaan yang Sering Diajukan Ketika Membuka Bisnis Baru
Kredit Mobil untuk Taksi Online? Apakah Bijak?
Apa itu Cash Advance? Definisi Cash Advance
Contoh Jawaban Interview “Sell Me a Pen”
Apa Itu Refinancing Kredit Mobil? Bagaimana Caranya?
10 Kesalahan Umum Pengguna Kartu Kredit
Perbedaan KPR dengan Akad Murabahah, Ijarah Muntahiyah Bittamlik (IMBT), Musyarakah Mutanaqishah (MMQ), dan Istishna
Kredit Mobil Ditolak? Ini Alasannya


Bagikan Ke Teman Anda