Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tips dari Orang Kaya untuk Kalian yang Ingin Bebas Finansial

Banyak orang yang merasa dirinya tidak pernah terbebas dari kesulitan finansial. Sebagian dari mereka bahkan berpikir bahwa kehidupan itu sungguh tidak adil. Ada orang yang sangat kaya, dan ada pula yang sangat kekurangan. Padahal faktanya orang kaya itu tidak sesantai kelihatannya. Mereka sangat berusaha keras sehingga bisa kaya dan terlepas dari jeratan finansial.

Jadi bagi anda yang merasa hidup tidak adil, sebaiknya segera mengubah pemikiran tersebut karena semua yang ada di dunia itu adil. Apa yang kita dapat merupakan hasil dari perbuatan kita, bisa juga merupakan jalan menuju apa yang kita inginkan. Jadi yang merasa terus-terusan mengalami kesulitan keuangan, cobalah memikirkan jawabannya. Apakah karena anda terlalu malas? Apakah anda kurang berusaha keras? Atau karena anda kurang pintar mengatur keuangan?

Jika anda sudah mengusahakan hal terbaik seperti pertanyaan di atas tapi tetap kesusahan maka mungkin jawabannya adalah anda sedang dalam masa ujian. Hal ini menandakan kesuksesan dan kebebasan finansial akan anda dapat sebentar lagi. Jadi bersabarlah dan teruslah berusaha, jangan sampai menyerah di tengah jalan. Nah bagi yang merasa perlu tambahan tips bebas finansial dari orang kaya, tips berikut mungkin bisa membantu anda.

1. Menabung

Kebanyakan orang tidak mau menabung. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab kesulitan keuangan. Maka dari itu usahakan untuk menabung mulai dari sekarang. Hal yang perlu anda perhatikan saat menabung adalah jangan sampai mengeruk isi tabungan untuk hal yang tidak terlalu penting. Tabungan itu dibuat untuk digunakan di masa depan ataupun disaat ada kebutuhan yang mendesak. Jadi pastikan untuk selalu menabung.

2. Jangan membeli barang yang tidak anda butuhkan

Tips selanjutnya berkaitan dengan pembelian barang. Saat ini banyak sekali orang yang mengaku tidak memiliki uang tapi berpenampilah mewah dan gaya hidupnya seperti orang kaya. Padahal tindakan tersebut kurang tepat. Jika ingin hidup lebih tenang, tidak ada gangguan finansial, cobalah untuk hidup sederhana sesuai kondisi keuangan anda. Jangan mengedepankan gengsi dan gaya.

Banyak kok orang yang mau menerima anda apa adanya jadi tidak usah hidup bermewah-mewahan, karena di mata orang kaya anda malah terlihat sangat norak serta tidak berpikiran panjang dan di mata orang miskin anda terlihat sok keren serta tidak bahagia. Wah tidak ada yang bisa dibanggakan dari berperilaku berlebihan ya? Maka dari itu belilah barang yang anda butuhkan saja agar sebagian uangnya bisa anda tabung untuk masa depan.

3. Mengubah pola pikir

Orang kaya itu memiliki pemikiran yang luas dan selalu optimis akan hal yang mereka impikan dan inginkan. Anda yang merasa miskin harusnya demikian. Banyak orang yang mengeluh tidak bisa melakukan sesuatu karena miskin, mengeluh susah menjadi kaya, mengeluh jika tidak akan pernah kaya, dan keluhan menyedihkan lainnya. Hal ini tentu harus dihindari karena pemikiran itu bisa mempengaruhi tindakan kita.

Jika anda berpikir tidak bisa kaya maka kemungkinan anda akan malas-malasan sehingga benar-benar tidak bisa kaya. Intinya jangan sampai putus asa, tetaplah optimis dan selalu mengusahakan yang terbaik untuk sesuatu yang telah diimpikan. Orang kaya itu selalu bekerja keras, pantang menyerah, optimis, memanfaatkan peluang dengan baik, dan selalu berpikir ke depan. Nah cobalah untuk melakukan hal baik tersebut hingga anda bisa bebas dari masalah finansial.

4. Mengelola uang dengan baik

Kebanyakan orang kaya mengalokasikan keuangan mereka dengan baik. Rincian pengeluaran dan investasi sudah diperhitungkan sedemikian rupa sehingga alasan untuk mengambil uang tabungan sangatlah kecil. Meskipun terlihat menghambur-hamburkan uang tapi nyatanya uang yang dikeluarkan tersebut sudah masuk di anggaran belanja mereka jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Anda bisa meniru hal ini, anda tidak boleh berbelanja berlebihan jika hal tersebut memang tidak masuk di rincian pengeluaran anda.

5. Bekerja untuk kesenangan

Tips dari orang kaya untuk kalian yang ingin bebas finansial selanjutnya adalah dengan bekerja untuk kesenangan. Banyak yang berkata bahwa orang miskin itu bekerja demi uang, bukan demi kesenangan mereka sehingga tidak akan ada kemajuan dalam pekerjaannya. Sesuatu yang tidak dilandasi dengan rasa senang biasanya tidak akan bertahan lama dan tidak bisa dilakukan dengan maksimal.

Orang kaya kebanyakan tidak seperti itu, mereka melakukan hal yang disukai sehingga bekerja pun rasanya lebih ringan dan selalu bersemangat. Saat sudah menikmati suatu pekerjaan, seseorang tidak lagi memikirkan berapa uang yang akan mereka dapat karena nyatanya mereka sudah mendapatkan kebahagiaan dari pekerjaan tersebut. Hal inilah yang malah bisa mendatangkan banyak uang.

6. Menyadari bahwa tidak ada yang lebih unggul

Tips satu ini membuat kita lebih menghargai orang lain. Mungkin di luarnya orang kaya terlihat bahagia, tapi di dalamnya siapa yang tau apa yang dia rasakan. Begitu pula dengan orang miskin yang mungkin terlihat menderita di luar, tidak ada yang tahu kebahagiaan seperti apa yang mereka rasakan di dalam. Intinya tidak semua orang kaya itu menganggap adanya perbedaan antara dirinya dengan orang miskin.

Jadi anda juga bisa seperti itu, tidak perlu iri dengan takdir yang diterima orang kaya karena pada dasarnya semua orang berkesempatan untuk menjadi kaya. Tinggal bagaimana usaha dan kerja kerasnya saja. Jika anda merasa orang lain lebih mampu, lebih unggul maka itu sama saja dengan merendahkan diri anda dan hal ini sangat tidak baik untuk keberlangsungan hidup anda. Merendahkan diri sama saja dengan tidak menerima diri dan hal ini bisa menghancurkan diri anda sendiri.

7. Tidak menilai kekayaan berdasarkan jumlah uang

Maksudnya adalah nilai atau standar kekayaan setiap orang itu berbeda. Banyak orang yang hidupnya tergolong berkecukupan tapi merasa kaya. Banyak pula orang yang sudah memiliki banyak uang tapi masih menganggap dirinya belum kaya. Jika hal ini dihubungkan dengan masalah finansial maka pasti akan berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan hidup. Untuk terlepas dari jerat finansial, anda harus memenuhi kebutuhan hidup anda sesuai uang yang anda miliki sehingga anda bisa merasa kaya dengan nominal uang berapapun.

8. Menganggap uang itu penting tapi tidak esensial

Menurut orang kaya, uang memang tergolong penting tapi bukan penting sekali. Jadi uang itu bukanlah kebutuhan yang paling mendasar meskipun tergolong penting. Anda pasti sering mendengar kalimat bahwa uang adalah segalanya. Hal ini tidak terlalu benar karena nyatanya orang yang memiliki banyak uang malah tidak sependapat. Menurut mereka ada hal baik yang tidak bisa dibeli dengan uang.

Jadi bagi anda yang merasa memiliki kesulitan berkaitan dengan uang, jangan langsung berpatokan bahwa tidak ada uang, tidak akan bahagia. Anda harus bisa menanamkan prinsip bahwa hidup bahagia tidak melulu karena uang, tapi tetap harus berusaha untuk mendapatkan uang. Bingung dengan pernyataan ini? Intinya uang memang penting tapi sebenarnya ada hal yang lebih penting yang bisa mengalahkan uang.

9. Berpikir bahwa tempat terkaya di bumi adalah pemakaman

Mungkin banyak dari anda yang memiliki pemikiran bahwa orang kaya itu mencari kehidupan dunia dan melupakan akhirat. Hal ini bisa jadi benar, tapi tidak semua orang kaya seperti itu. Orang yang benar-benar kaya dan bisa mendalami kehidupan akan berpikir bahwa pemakaman merupakan tempat paling kaya karena telah menelan banyak mimpi yang tidak pernah terwujud.

Pemakaman juga merupakan tempat yang telah menelan banyak pria dan wanita hebat yang tidak memaksimalkan potensi mereka. Dari hal ini bisa diketahui bahwa banyak orang kaya yang berusaha sebaik mungkin hidup di dunia karena mereka tahu suatu saat mereka akan mati tertimbun tanah dan saat itu terjadi mereka harap semua mimpi dan cita-citanya sudah tercapai sehingga tidak akan timbul penyesalan. Maka dari itulah motivasi mereka untuk mengembangkan potensi sangatlah besar.

Semisal mereka mendapatkan banyak uang, mereka juga beranggapan bahwa uang tersebut sebaiknya digunakan untuk menikmati hidup bersama keluarga dan sahabat karena hidup hanya sementara. Menabung memang penting tapi menikmati hidup juga penting. Menikmati hidup yang dimaksud bukanlah hidup bermewah-mewahan loh ya tapi hal yang lebih bermakna seperti sering meluangkan waktu untuk keluarga.

10. Memanfaatkan uang seperti bukan miliknya

Tips selanjutnya adalah beranggapan bahwa uang yang telah diterima dan dimiliki bukanlah milik mereka tapi uang itu adalah milik suatu komunitas yang tidak percaya pada pemerintah dan lebih mempercayakan uangnya pada anda. Anggapan ini tentu membuat mereka memanfaatkan uang dengan baik karena merasa telah diberi banyak kepercayaan oleh orang lain. Anda juga bisa menerapkan pola pikir yang seperti ini agar anda tidak menyia-nyiakan uang yang anda miliki berapapun jumlahnya.

11. Jangan mengejar kekayaan, kejarlah pengetahuan

Banyak orang yang salah kaprah tentang orang kaya. Mereka berpikir orang kaya selalu bekerja keras untuk mengejar kekayaan. Padahal nyatanya tidak demikian. Mereka mengejar pengetahuan dan kebijaksanaan dari hidup yang telah dijalani karena pengetahuan dan kebijakan lah yang akan mengelola dan menjaga kekayaan. Dengan begitu kekayaan pun akan selalu mencintai anda tanpa harus anda kejar-kejar.

12. Mau berkorban melayani orang lain

Orang kaya juga memiliki prinsip bahwa mereka rela berkorban melayani orang lain meskipun gratis atau tidak dibayar. Dengan melakukan hal ini mereka akan mendapatkan banyak hal baik dari orang lain, yang pastinya membantu kelancaran dan kebahagiaan hidup mereka.

Membantu orang lain juga merupakan sebuah ibadah yang bisa membahagiakan diri sendiri serta orang lain. Anda sering mendengar banyak orang kaya berdonasi kan? Ada yang tujuannya murni untuk membantu, tapi ada juga yang hanya ingin pamer. Terlepas dari apapun tujuannya, membantu dan rela berkorban demi orang lain sangatlah diperlukan.

Dari 12 hal di atas bisa disimpulkan bahwa untuk bisa menjadi kaya, terbebas dari masalah finansial, yang harus dilakukan hanyalah mengubah pola pikir dan terus bekerja keras. Apabila anda selalu berusaha, berdoa, pantang menyerah, dan memiliki pola pikir seperti orang kaya maka tidak lama lagi anda akan menjadi salah satu bagian dari mereka.

Demikian sedikit ulasan tentang tips bebas finansial. Anda harus bekerja keras, tidak mengedepankan gengsi, mengutamakan cinta, dan membantu banyak orang agar segera terbebas dari masalah finansial.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tips dari orang kaya untuk kalian yang ingin bebas finansial, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Perbedaan Mentalitas Orang Miskin dan Orang Kaya
Menjalani Hidup Sesuai Kemampuan Finansial Kita
Inilah Cara Orang Kaya Mendidik Anak Agar Tidak Manja
Apakah Orang Kaya itu Pelit?
Contoh Keputusan Finansial yang Buruk
Tipe Orang yang Akan Gagal Mengelola Uang
Tips Menabung Ketika Keuangan Terbatas
Mengapa Kemampuan Mengelola Keuangan Harus Dipelajari Sejak Sekolah
Keuntungan Orang Hidup “Living Below Your Means”
Tips Belajar di Rumah Selama Pandemi Virus Corona


Bagikan Ke Teman Anda