Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Untung Rugi Bisnis Dropshipping

Jika Anda ingin memulai bisnis e-niaga dengan overhead rendah dan tidak memerlukan gudang, namun tetap menghasilkan banyak untung, maka dropshipping adalah model bisnis yang tepat untuk Anda.

Namun faktanya, tidak semua pengusaha berhasil mengelola bisnis ini. Agar Anda tidak ragu lagi dalam mengambil keputusan, simak sejumlah pro dan kontra dari dropshipping yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan.

Keutungan Dropshipping

1. Biaya startup rendah

Anda bahkan tidak perlu menyewa gudang yang luas dengan biaya mahal. Anda dapat segera memulai bisnis ini begitu siap, jadi buang pikiran berhutang membangun bisnis Anda. Dengan modal yang relative sedikit, Anda bisa mulai menghasilkan uang.

2. Tidak perlu memasok barang

Memasok barang terkadang memang sangat merepotkan. Baik itu dari sisi biaya, maupun dari sisi tempat. Namun melalui bisnis dropshipping, hal itu tidak akan terjadi, karena semua bisa ditanggungakan pada pemasok.

Jika Anda sudah pandai mengelola dropshipping, maka Anda bisa mulai fokus mengembangkan usaha tanpa mengeluarkan banyak inventaris atau pun kehabisan stok barang.

3. Biaya pemenuhan pesanan rendah

Seperti yang kami utarakan di atas, dengan dropshipping Anda tidak perlu melakukan pekerjaan seperti mengemas, memberi label, atau mengirimkan barang. Anda selalu bisa melibatkan pihak ketiga (pemasok) untuk melakukan semua itu.

Tugas Anda hanyalah memastikan barang yang dipesan datang tepat waktu, dan pelanggan puas dengan layanan Anda.

4. Risiko lebih sedikit

Dropshipping memungkinkan Anda untuk menguji produk atau item baru tanpa perlu menanggung resiko besar. Alasannya tentu karena Anda bisa langsung menawarkan pada pembeli tanpa menunggu (menyetok) barang tersebut sampai di gudang.

Sementara penjual lain merugi karena stoknya menumpuk tanpa ada pengeluaran yang seimbang, Anda dengan mudah mengelola keluar masuk barang sesuai kebutuhan. Istilah lainnya, Anda hanya membayar untuk apa yang Anda jual.

5. Variasi produk bisa beragam

Tanpa batasan ruang dan biaya overhead, Anda dapat menawarkan barang apa pun yang kini tengah menjadi tren di pasar.

Jadi meskipun produk yang Anda jual tidak spesifik, namun Anda tetap akan menemukan pelanggan yang siap mengirimkan uang ke rekening Anda.

6. Anda tidak terikat dengan tempat

Yang paling menyenangkan dari menjalankan bisnis dropshipping adalah Anda bisa menjalankannya dimana pun dan kapan pun. Satu-satunya yang Anda butuhkan adalah koneksi internet yang mumpuni dan alat untuk berkomunikasi dengan pemasok Anda.

Kerugian Dropshipping

1. Ketergantungan pada pemasok

Ada kalanya barang yang Anda jual mendapat respon yang luar biasa di pasaran. Jika tidak jeli memilih pemasok, atau hanya memiliki satu pemasok, maka ada kemungkinan Anda kehabisan stok barang.

Hal ini tentu sangat merugikan, waktu tunggu jadi lebih lama sementara pelanggan sudah beralih pada toko baru. Sayang sekali bukan? Anda menjual barang kepada orang lain tapi tidak memiliki kontrol penuh terhadap produk tersebut.

2. Kurangnya laba

Karena Anda hanya menjual satu produk pada jangka waktu tertentu, dan jumlah yang Anda pesan pun terbatas, maka kemungkinan besar Anda tidak akan mendapat banyak diskon besar. Hal ini tentu berbeda dengan pemasok yang bisa mendapatkan harga grosir.

Selain itu, persaingan harga antar dropshipper juga dapat membuat Anda kehilangan banyak untung. Maka satu-satunya cara untuk menjadi kaya dengan bisnis dropshipping adalah bagaimana Anda menjual barang sebanyak mungkin. Strategi marketing yang handal amat diperlukan dalam hal ini.

3. Komplain pelanggan hanya akan mengarah pada Anda

Jika pemasok terlambat mengirimkan barang, barang datang dalam keadaan rusak, atau salah mengirimkan pesanan pelanggan, maka yang menerima komplain adalah Anda. Para pelanggan tidak akan mau tahu tentang permasalahan tersebut, mereka sudah membayar dan mereka ingin mendapatkan yang terbaik.

Kiat Memulai Bisnis Dropshipping

Jika saya tertarik dengan bisnis dropshipping ini, bagaimana cara memulainya?

Pertanyaan yang tepat. Jadi, setelah mempertimbangkan pro dan kontra bisnis dropshipping, Anda mungkin tertarik dan ingin menjajal bisnis ini. Sebelum memulai, ikuti langkah berikut ini agar bisnis Anda bisa berjalan lancar.

  • Pilih pemasok yang profesional

Pemasok akan menjadi mitra utama dalam bisnis ini. Mendapatkan pemasok yang tepat dan terpercaya adalah langkah awal yang harus Anda penuhi. Kedepannya, Anda tidak perlu khawatir lagi tentang keterlambatan pengiriman, barang rusak, atau hilang.

Sebaiknya pilih pemasok yang sudah terjun dalam bisnis ini sekian lama, sehingga mereka tahu permasalahan apa yang bisa muncul, dan bagaimana bertanggung jawab atau mengatasinya.

  • Tentukan produk yang akan dijual

Setelah Anda mendapatkan pemasok yang sesuai dengan kriteria di atas, saatnya Anda memilih barang yang ingin dijual. Cari produk yang banyak diminati pasar atau memberi banyak keuntungan.

Anda bisa melacak produk pilihan tersebut dengan mengandalkan situs eBay. Sebutkan kata kunci yang terkait dengan produk Anda, dan amati apakah barang tersebut bisa laku lebih dari 40 %. Jika kurang dari angka itu, sebaiknya pilih alternatif produk lainnya.

  • Pilih platform untuk menjual

Ada banyak platform ecommerce gratis yang bisa Anda dapatkan untuk menujang bisnis ini. Anda pun tidak harus terikat pada satu platform untuk memasarkan produk, lebih banyak platform yang Anda gunakan, tentu akan memberi lebih banyak potensi penjualan.

  • Buat daftar penjualan

Karena Anda tidak menyetok dan mengirim barang secara langsung pada pelanggan, ada kemungkinan besar Anda tidak memiliki catatan spesifik tentang produk yang paling digemari atau yang sudah mulai ditinggalkan pelanggan.

Buatlah daftar penjualan tersebut agar Anda pun bisa belajar tetang produk mana yang layak dipertahankan, dan mana yang paling menguntungkan Anda.

Bagaimana? Apakah Anda masih bimbang untuk memulai bisnis ini? Atau Anda malah ingin beralih menjadi pemasok? Semuanya kami kembalikan pada Anda.

Artikel Terkait

Demikinlah artikel tentang untung rugi bisnis dropshipping, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Perlukah Gelar MBA untuk Memulai Bisnis?
Apa itu Perdagangan Opsi Biner?
Kelebihan dan Kekurangan Menjalankan Bisnis Bersama Pasangan
Cara Membuat Business Plan untuk Startup
5 Efek Booking Lewat AirBnB terhadap Bisnis Travel
Contoh-Contoh Biaya Overhead
Untung Rugi Investasi Emas
Cara Menghitung Weighted Average
5 Alasan Mengapa Penting Belajar Bisnis
Untung Rugi Investasi Emas


Bagikan Ke Teman Anda