Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Untung Rugi Membeli Franchise

Franchise atau bisnis waralaba dapat menjadi pilihan bagus bagi Anda yang ingin memulai bisnis secara mandiri sekaligus terjamin keamanannya. Namun demikian, selain menawarkan tingkat keberhasilan yang baik, memiliki sebuah franchise juga akan menuntun Anda bersentuhan dengan sejumlah resiko.

Bagi Anda yang berminat mengelola sebuah franchise, simak untung ruginya terlebih dahulu pada artikel di bawah ini.

Keuntungan Membeli Franchise

  • Memiliki sistem yang telah terbukti

Ketika Anda membeli sebuah franchise, Anda sekaligus mendapatkan pengalaman bertahun-tahun yang sudah dihabiskan oleh pemilik franchise tersebut untuk membangun merek dan sistem mereka. Mereka telah melalui proses mencoba apa yang baik dan tidak, sehingga Anda sudah tidak perlu lagi melakukannya.

  • Pelatihan dan dukungan

Ketika Anda membeli franchise, Anda pun akan mendapatkan pelatihan dan dukungan yang berkelanjutan dari pemilik franchise. Beberapa pelatihan mungkin akan datang dalam modul online di awalnya, sebelum Anda terjun ke dalam pelatihan formal di kantor pusat mereka.

  • Pengenalan nama

Membangun sebuah merek bukanlah hal yang mudah dan murah, bahkan dibutuhkan banyak waktu untuk memiliki sebuah brand yang kuat. Ketika Anda masuk dalam franchise, semua pekerjaan tersebut telah dilakukan untuk Anda, para pelanggan pun sudah tersedia dengan sendirinya.

Memiliki dukungan nama merek memungkinkan Anda mendapatkan manfaat dari daya beli kolektif saat Anda datang membeli persediaan dan juga peralatan yang dibutuhkan.

  • Teknologi

Anggaran teknologi dalam franchise telah berkembang selama bertahun-tahun. Sebagai pemegang franchise, Anda akan mendapatkan manfaat besar dari teknologi yang dimiliki oleh pemilik franchise tersebut. Beberapa diantaranya akan membantu Anda dalam sistem pengelolaan pelanggan dan juga sitem akutansi hingga penggajian karyawan.

  • Jaringan

Selain memiliki sebuah merek yang bisa diandalkan, membeli franchise juga akan membuka akses ke seluruh kumpulan franchise lainnya seperti yang Anda miliki saat ini. Mereka tentu akan membawa pengalaman masing-masing, dan dapat membantu Anda keluar dari permasalahan yang akan timbul di kemudian hari.

Jaringan franchise tentu akan sangat penting dan pastinya siap sedia untuk membantu Anda. Maka tidak perlu malu-malu untuk menjangkau mereka dan mendapatkan ilmu atau ide yang Anda butuhkan untuk mengembangkan franchise Anda.

  • Pemasaran atau iklan

Para pemilik franchise telah mempunyai rencana pemasaran dan juga template iklan untuk Anda. Manfaatkan momen pembukaan franchise Anda, karena pemilik franchise biasanya akan menaruh energi lebih pada pembukaan resmi Anda. Gunakan saja semua fasilitas pemasaran yang ditawarkan pada Anda.

Selain itu, pemilik franchise akan memiliki akses ke perusahaan, dan selalu siap membantu bisnis Anda untuk diingat di daerah Anda.

  • Sumber daya Real Estate

Beberapa pemilik franchise bersedia membantu Anda untuk mendapatkan lokasi bisnis yang strategis. Mereka mempunyai departemen real estate formal in-house atau koneksi dengan perusahaan real estate komersial nasional.

Mendapatkan lokasi yang bagus tentu tidak hanya akan menguntungkan Anda, lebih dari itu, pemilik franchise akan diuntungkan pula. Semakin banyak uang yang Anda hasilkan, semakin banyak pula keuntungan yang didapatkan oleh pemilik franchise.

Kerugian Membeli Franchise

  • Biaya awal

Biaya awal untuk franchise bisa sangat mahal, Anda mungkin perlu mengamankan pembiayaan untuk membeli bisnis tersebut. Namun semua itu tergantung pula pada sistemnya.

  • Biaya yang sedang berlangsung

Sebagian besar pemilik franchise akan meminta Anda membayar royalty yang sedang berlangsung dan / atau biaya iklan. Meskipun Anda akan mendapatkan dukungan dari sisi pemasaran, Anda akan berhutang persentase dari keuntungan kepada pemiliknya.

  • Kurang otonomi

Masuk dalam sistem franchise mengharuskan Anda untu menjalankan bisnis sesuai dengan pola yang sudah ditentukan oleh pemilik franchise dengan sedikit sekali celah untuk kepuasan bisnis di tingkat lokal.

Sitem tersebut dibutuhkan untuk memperoleh keseragaman dalam pelayanan kepada konsumen. Contonya saja Anda akan menemukan cita rasa yang sama saat Anda berkunjung ke KFC dimana pun franchise tersebut berdiri.

Jika Anda tergolong orang yang memiliki pemikiran independen tentang bisnis Anda sendiri, maka franchise agaknya kurang cocok bagi Anda.

  • Perjanjian kontraktual

Ketika Anda membeli franchise, Anda akan terikat pada perjanjian untuk jangka waktu tertentu, bisa saja selama 5 tahun hingga 20 tahun. Melanggar perjanjian tersebut tentu akan sangat mahal bayarannya.

  • Harapan palsu

Mungkin Anda akan berpikir bahwa hanya dengan membeli sebuah franchise populer, Anda akan mendapatkan kesuksesan secara instan. Namun pada kenyataannya, franchise sama saja dengan bisnis lainnya. Dibutuhkan kerja keras dan pengorbanan untuk sampai pada puncak kesuksesan yang Anda harapkan.

  • Kanibalisasi

Jika Anda tinggal di wilayah kota, Anda akan menemukan beberapa franchise serupa dalam radius beberapa km saja. Pemilik franchise tentu akan merealisasikan keuntungan dari situasi ini, namun bagi Anda, ini mungkin merupakan suatu mimpi buruk.

Persaingan yang tidak sehat dan kerja ekstra keras kerap terjadi untuk mengamankan keberlangsungan franchise Anda.

  • Tidak dapat menjual franchise Anda begitu saja

Ketika Anda memutuskan untuk menjual franchise, Anda belum tentu bisa menjualnya pada pihak yang Anda kehendaki. Pemilik franchise harus terlebih dahulu menyetujuinya.

Selain itu, tidak semua franchise yang berasal dari luar negeri memiliki perwakilan atau kantor pusat di Negara asing. Masalah tentu akan muncul ketikan Anda memerlukan bantuan atau ingin membicarakan sesuatu dengan perwakilan perusahaan secara langsung.

Model bisnis franchise memang sangatlah kuat, namun tentu saja tidak sempurna. Yang perlu Anda ingat adalah ketika Anda masuk dalam sebuah franchise, maka Anda akan berinvestasi dalam sistem dan ide orang lain.

Maka, pertimbangkan dan ambillah keputusan terbaik bagi kehidupan Anda.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang untung rugi membeli franchise, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa Itu Spin Off dalam Perusahaan / Bisnis?
Inilah Kesalahan yang Bisa Mematikan Bisnis Anda
Cara Membuat Business Plan untuk Startup
Apakah Bisa Memulai Bisnis dengan Modal Dengkul?
Saran-saran dalam Berbisnis
Cara Membuat Bisnis Plan
Cara Membuka Lapak di Bukalapak
15 Franchise Paling Untung di Dunia
Definisi Debt to Income Ratio?
Apa itu Days Payable Outstanding (DPO)?


Bagikan Ke Teman Anda