Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

5 Kata-kata Bijak yang Berhubungan dengan Keuangan

Mengelola keuangan adalah kemampuan dasar yang sebaiknya dimiliki oleh semua orang, karena dasar budget managerial (manajemen pengelolaan anggaran) adalah hal yang wajib dilakukan oleh semua orang untuk menjaga kesehatan keuangannya. Dasar-dasar pengelolaan keuangan yang baik seringkali diilhami oleh perkataan seseorang, misalnya kata-kata bijak berhubungan dengan keuangan yang pernah diucapkan oleh pakar finansial atau orang-orang yang berpengaruh didunia.

Pengaruh kutipan atau quotes yang dilontarkan oleh orang-orang bijak sering kali memberi kobar semangat untuk fokus dalam mencapai tujuannya, misalnya bagaimana cara pengelolaan uang yang baik atau kiat-kiat menabung yang terarah. Dan berikut ini adalah kumpulan kata-kata bijak yang berhubungan dengan keuangan yang pernah dilontarkan oleh tokoh keuangan dan orang-orang berpengaruh yang sukses didunia.

  • “Penghasilan kita seperti sepatu, jika terlalu kecil mereka akan menjepit kita, tetapi jika terlalu besar, mereka membuat kita tersandung dalam perjalanan”. – Kutipan Charles Caleb Colton.

Kutipan yang dilontarkan Charles Caleb Colton, secara tidak langsung memperingatkan kita untuk selalu bijak dalam mengelola penghasilan. Sebagai makhluk sosial yang mempunyai jiwa konsumtif manusia tidak ubahnya seperti orang yang selalu kehausan dan mencari semua sumber kebutuhan dan tanpa sadar segala kebutuhan tersebut adalah hal yang sekunder tidak lebih dari kebutuhan-kebutuhan yag diciptakannya sendiri sehingga mengesampingkan kebutuhan mendasar yang tidak terlihat, misalnya orang-orang akan berbondong-bondong membeli semua barang yang diinginkan tanpa mereka sadari bahwa itu adalah hanya sebatas keinginan bukan sebuah kebutuhan, mereka membeli sepatu dan tas mewah dan lupa untuk menabung, Charles Caleb Colton mengumpamakannya sebagai pendapatan besar yang menjadikan sandungan dalam perjalanan.

  • “Tanpa melek finansial dan pengetahuan tentang bagaimana cara uang bekerja, mereka tidak akan siap untuk menghadapi dunia yang sedang menanti mereka, sebuah dunia dimana pengeluaran lebih ditekankan daripada menabung”. – Kutipan dari Ayu Pricilla Wulandari Palohoon.

Kutipan dari Ayu Pricilla Wulandari Palohoon, ini menjelaskan bahwa dewasa ini orang-orang lebih sibuk menghabiskan penghasilannya untuk pengeluaran yang tidak terlalu dibutuhkan, membeli hal-hal yang tidak penting dan cenderung melewatkan kegiatan penting seperti menabung.

  • “Jangan menabung apa yang tersisa, tetapi habiskan apa yang tersisa setelah menabung”.

Kata bijak tentang menabung tersebut menjelaskan bahwa menabung merupakan prioritas utama dalam pengelolaan keuangan. Kita diingatkan untuk mendahulukan kegiatan menabung sebelum menghabiskan uang untuk kebutuhan-kebutuhan yang kurang penting lainnya, menabung adalah tanda kedewasaan finansial, dimana ada kegiatan berjaga-jaga dimasa sulit ketika ada kebutuhan mendesak. Maka dari itu, kegiatan menabung selalu menjadi hal utama ketika baru mendapatkan upah, pendapatan kemudian dikurangi menabung lalu baru menghabiskan uang untuk mencukupi kebutuhan lainnya.

  • “Hati-hatilah dengan pengeluaran kecil. Keretakan kecil dapat menenggelamkan kapal besar”. – Benjamin Franklin

Kata-kata bijak dari Benjamin Franklin mengingatkan kita pada pepatah lama, “sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit” begitu juga dengan pengeluaran kecil yang berulang dan kerap tanpa kita sadari bisa mengeruk secara tersembunyi keuangan kita. Pengeluaran untuk parkir, toilet umum, administrasi transfer antar bank, meminum kopi, dan belanja online tanpa kita sadari akan menghasilkan gunung uang yang tinggi, pengeluaran yang menggunung ini tidak kita sadari karena jumlahnya sedikit dan tidak masuk dalam daftar pengeluaran bulanan kita. Maka hati-hatilah dengan pengeluaran kecil, karena bisa menenggelamkan isi dompetmu.

  • “Jika anda belum memiliki kemampuan untuk mengelola keuangan atau Money Management, gunakan kartu debit terlebih dahulu, agara tida boros dan menumpuk hutang dengan kartu kredit”. – Kutipan oleh T. Harv Eker.

Pesan yang disampaikan oleh T. Harv Eker, tentu saja menampar para pengguna kartu kredit. Bayangkan jika kita secara sadar memakai kartu kredit untuk membeli barang-barang yang belum tentu menjadi kebutuhan. Menumpuk hutang sama saja masuk kedalam jurang yang digali sendiri, maka kesadaran untuk tidak tergiur memakai kartu kredit adalah kemewahan untuk orang-orang yang melek perencanaan keuangan.

Beberapa kutipan diatas adalah kata-kata bijak yang diucapkan tokoh finansial dunia yang bisa menjadi ukuran dan nasehat kita dalam menghadapi masalah-masalah yang ada ketika menjalankan aktifitas pengelolaan keuangan, baik dalam lingkup keuangan pribadi atau keuangan keluarga. Beberapa kutipan sangat menekankan pada hal mendahulukan kegiatan menabung dan menghindari segala bentuk utang piutang.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang kata-kata bijak yang berhubungan tentang keuangan, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Daftar Kata-kata Bijak Tentang Keuangan
Menghindari Jebakan Hutang
Trik Menghemat Uang Saat Traveling
Apa itu Literasi Keuangan?
Kekurangan dan Bahaya Cashless Society
Anggaran, Kunci Sukses Perencanaan Keuangan Anda
Belajar Cara Mengatur Uang Ala Orang China
15 Cara Terbaik Mengajari Anak tentang Uang
Cara Membuat Anggaran Keuangan Untuk Keluarga
10 Tip Pengaturan Keuangan di Umur 40an


Bagikan Ke Teman Anda