Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Ini Cara Meningkatkan Produktivitas Demi Hidup yang Lebih Baik

Jika kamu pernah menemukan seseorang yang mampu menghasilkan banyak hal setiap harinya, sadarilah bahwa sesungguhnya mereka bukanlah manusia super. Memang ada beberapa orang yang beruntung karena memiliki tingkat produktivitas tinggi secara alami. Namun kebanyakan orang justru sengaja melatih diri terbiasa dengan sesuatu yang produktif.

Produktivitas merupakan suatu kombinasi sempurna antara perencanaan yang cerdas dengan usaha yang fokus. Kemampuan semacam ini bisa membantu kamu untuk bekerja dengan lebih cepat dan efisien sehingga hasilnya pun semakin maksimal. Nah, yang jadi tantangan adalah bagaimana cara meningkatkan produktivitas saat bekerja, baik di dalam ataupun di luar rumah?

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

Kita bisa mengukur tingkat produktivitas setiap hari saat waktu bekerja telah berakhir. Apabila kita tidak puas dengan apa yang telah kita capai, maka kemungkinan besar bisa dikatakan kalau kita kurang produktif dalam melakukan pekerjaan harian. Meski begitu, kita tak perlu khawatir karena sejatinya produktivitas bisa terus ditingkatkan dengan beberapa cara mudah berikut ini.

  1. Jangan ragu untuk mempercayakan tugas kepada teknologi atau orang lain

Tak ada satupun orang di dunia ini yang tidak pernah membutuhkan bantuan, termasuk kamu. Oleh sebab itu, ada baiknya jika kamu tidak melakukan tugas besar seorang diri. Namun masalahnya, hambatan paling besar untuk mendapat bantuan adalah soal kepercayaan.

Pastikan, bahwa kamu memang benar-benar mempercayai rekan yang kamu miliki untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Jangan lupa untuk memberikan informasi mengenai batasan waktu pengerjaan hingga hal-hal lain yang dibutuhkan sehingga pekerjaan bisa terselesaikan dengan sempurna.

Di samping itu, kamu juga bisa menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan bantuan teknologi yang ada saat ini. Tak sedikit sistem atau teknologi yang bisa membantu kamu dalam menjalankan pekerjaan atau bisnis apapun. Kamu hanya perlu mencari jenis teknologi yang tepat agar pekerjaan tersebut bisa terselesaikan dengan baik.

Percayalah, mempercayakan pekerjaan kepada orang lain ataupun teknologi adalah cara meningkatkan produktivitas yang paling gampang dilakukan. Namun jika kamu kurang percaya ataupun ragu, maka kemungkinan besar kamu akan melakukan semua pekerjaan itu sendiri dan menghambat pekerjaan lainnya.

  1. Membatasi waktu untuk pertemuan yang tidak berguna

Waktu merupakan hal terpenting dalam hidup manusia. Ketahuilah, meski kamu tergoda untuk bertemu dengan banyak orang demi memperluas jaringan, waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan juga sangat berharga. Oleh sebab itu, kamu wajib tahu pertemuan mana yang perlu untuk kamu hadiri dan mana yang perlu ditolak.

Beberapa penelitian menyebutkan, sebagian besar orang justru membuang banyak waktu dalam suatu pertemuan karena kurang fokus terhadap inti dari pertemuan itu sendiri. Oleh karena itu, kamu wajib tahu apa inti dari pertemuan tersebut dan keputusan apa yang harus diambil supaya lebih efisien dan menghindari pertemuan selanjutnya untuk membahas hal yang sama.

  1. Jangan ragu untuk membuat to-do-list

Dalam mengerjakan pekerjaan apapun, ada banyak hal yang perlu kamu lakukan, baik hal yang sederhana ataupun kompleks. Supaya semua pekerjaan tersebut bisa diselesaikan dengan produktif, maka kerjakan hal yang paling mudah terlebih dulu baru beralih ke pekerjaan yang lebih sulit.

Apabila ada pekerjaan besar yang menantimu, maka bagilah menjadi beberapa tugas yang lebih kecil. Kamu bisa membuat poin-poin apa saja yang perlu disiapkan dalam lakukan hingga pekerjaan tersebut bisa diselesaikan dengan baik.

Sebaiknya, buat daftar pekerjaan atau to-do-list, deadline, dan perkembangan setiap pekerjaan tersebut. Kamu bisa meletakkan daftar tersebut di meja belajar, meja kerja, atau handphone supaya kamu bisa memantaunya secara langsung, kapan saja dan di mana saja.

Jangan lupa untuk menggunakan timer atau tanda pengingat di setiap pekerjaan tersebut supaya kamu tidak kehilangan fokus. Pasalnya, kamu bisa terlalu fokus di satu pekerjaan, sementara pekerjaan lainnya malah terbengkalai.

  1. Sempatkan waktu untuk beristirahat sejenak

Cara meningkatkan produktivitas selanjutnya adalah menyempatkan diri untuk sekadar beristirahat. Ketahuilah, produktivitas tidak diukur oleh berapa jumlah jam yang kamu habiskan untuk duduk di tempat kerja ataupun di meja belajar. Namun, hal semacam ini diukur dengan berapa banyak yang bisa kamu lakukan tanpa mengorbankan kondisi kesehatan kamu sendiri.

Kamu sangat disarankan untuk tidak duduk terlalu lama dan mulai bergerak. Selain itu, tak ada salahnya untuk menyediakan waktu tidur sejenak saat menyelesaikan pekerjaan.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Michigan, tidur dalam waktu beberapa menit mampu mencegah perilaku impulsif dan meningkatkan toleransi akibat frustrasi. Menariknya, penelitian ini juga menunjukkan bahwa tidur sejenak bisa meningkatkan produktivitas seseorang.

  1. Menetapkan tujuan dengan tepat

Apabila kamu bisa menyelesaikan semua daftar dalam to-do-list yang kamu buat dalam satu hari, maka kamu perlu membuat tujuan yang lebih ambisius. Buat tujuan untuk jangka waktu tertentu, misalnya selama satu minggu, satu bulan, enam bulan, ataupun satu tahun.

Berdasarkan hasil penelitian yang dirilis dalam Journal of Consumer Research, orang yang menetapkan tujuan lebih tinggi memiliki kecenderungan untuk lebih puas. Hal ini berbanding terbaik dengan mereka yang memiliki harapan lebih rendah.

Perlu kamu ketahui, salah satu alasan utama mengapa orang gagal mencapai tujuan adalah karena mereka tidak mampu menetapkan tenggat waktu. Padahal, tujuan bisnis harus terbagi menjadi tujuan besar dan tujuan yang sangat spesifik dan itu semua harus kamu tuliskan secara jelas.

  1. Memotivasi diri dengan hal-hal yang positif

Cara meningkatkan produktivitas yang paling mudah adalah memastikan bahwa kegiatan yang sedang kamu lakukan saat ini adalah kegiatan yang benar-benar produktif.

Sebab, sebagian besar orang kurang menyadari, bahwa terkadang mereka menghabiskan banyak waktu menggunakan media sosial atau terlibat dalam percakapan yang kurang relevan. Oleh karena itu, kamu perlu membiasakan diri untuk sekadar bertanya, apakah hal yang kamu lakukan ini memang benar-benar produktif?

Sebaliknya, ketika kamu mencapai tujuan, maka penting sekali untuk memberikan penghargaan bagi diri sendiri sebagai bentuk motivasi. Penghargaan ini bisa berupa kepemilikan material seperti barang yang sangat kamu inginkan atau jenis makanan tertentu yang kamu suka. Bahkan, kamu juga bisa melakukan kegiatan yang selama ini kamu inginkan.

  1. Menyingkirkan segala hal yang bisa mengganggu dan memecah konsentrasi

Tak bisa dipungkiri, setiap orang pasti memiliki gangguan yang berbeda-beda ketika sedang menyelesaikan pekerjaannya. Oleh sebab itu, kamu perlu mengenali gangguan yang kerap mengusikmu untuk menghindari hal tersebut.

Di zaman serba canggih seperti saat ini, hampir semua orang memiliki akun media sosial seperti Instagram, Twitter, ataupun Facebook. Nah, sebagian besar dari mereka tercatat menghabiskan waktunya untuk sekadar melihat media sosial dan mengirimkan pesan online rata-rata sekitar 2 jam per hari. Tentu saja, hal semacam ini bisa mengganggu produktivitas siapa saja, termasuk kamu.

Apabila kamu merasa ada beberapa pekerjaan yang tertunda karena gangguan tersebut, maka ingatlah kegiatan mana yang jadi prioritas utamamu. Supaya tetap produktif, sebaiknya sediakan waktu kurang lebih 15-30 menit setiap hari secara khusus untuk sekadar membalas pesan online, membalas e-mail, atau mendapat update info melalui media sosial.

Trik ini bisa membantumu tetap fokus karena menghindarkan diri dari kegiatan yang bukan prioritas dan menyelesaikan pekerjaan sesuai rencana awal.

  1. Meluangkan waktu untuk mempersiapkan hari esok yang lebih produktif

Tahukah kamu, cara meningkatkan produktivitas satu ini merupakan salah satu kebiasaan yang kerap dilakukan oleh para pengusaha sukses. Awali tidur lebih awal dan bangun lebih pagi supaya kamu bisa memulai hari dengan suasana hati serta pikiran yang lebih positif. Dengan demikian, kamu akan menjadi lebih produktif dalam menjalani hari.

Selain itu, kamu juga bisa menyiapkan semua hal yang akan dilakukan esok hari. Mulai dari pakaian yang akan kamu pakai, makanan apa yang akan dikonsumsi, hingga jadwal kegiatan di hari tersebut.

Apabila kamu akan bertemu dengan rekan atau orang penting yang akan membantu pekerjaanmu, siapkan apa saja yang perlu dibawa. Pun jika ada pekerjaan yang harus kamu selesaikan, maka siapkan bahan dan segala keperluannya supaya harimu berjalan dengan produktif.

Itu tadi beberapa cara meningkatkan produktivitas yang bisa kamu lakukan. Yuk, mulai sekarang hidup dengan lebih produktif agar kamu bisa lebih cepat menggapai kesuksesan yang diinginkan. Bukan nanti tapi besok, tapi mulailah dari sekarang.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara meningkatkan produktivitas demi hidup yang lebih baik, semoga bermanfaat bagI Anda semua.



Cara Menghitung Average Fixed Costs & Average Variable Costs
Cara Mendapatkan Pelanggan Untuk Bisnis Baru
Cara Melaporkan Pinjaman Online Ilegal ke OJK
Cara Mudah Memangkas Pengeluaran
13 Cara Membuang-membuang Uang
7 Cara Jitu Bebas Stres Saat Mengasuh Anak di Tengah Pandemi Virus Corona
18 Cara Menghasilkan Uang Saat Liburan
Inilah Cara-cara Membuang Duit Secara Percuma
Cara Membuat Anggaran Keuangan Untuk Keluarga
Cara Mengembangkan Skill Kepemimpinan


Bagikan Ke Teman Anda