Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tip Fokus Saat Deadline, Mulai Sekarang Juga!

Kamu pasti pernah merasakan yang namanya dikejar deadline, kan? Entah itu untuk mengerjakan PR saat di sekolah, makalah atau skripsi saat kuliah, atau saat kerja. Bahkan pekerjaan di dalam rumah juga terkadang ada deadlinenya. Apapun jenis tugasnya, hampir semua orang pernah merasakan terdesak dan stres karena dikejar deadline.

Masalahnya, apakah kamu sering kesulitan bekerja di bawah tekanan deadline? Karena bagaimanapun juga deadline itu penting agar kita tidak bermalas-malasan dalam bekerja. Supaya pekerjaan selesai tepat pada waktunya. Bagaimana sih caranya agar bisa fokus saat dikejar deadline? Simak beberapa tipnya di bawah ini, yuk.

  1. Mulai Sekarang

Mulai pekerjaanmu dari sekarang. Kamu tidak perlu langsung menyelesaikan pekerjaanmu saat itu juga. Tapi mulai saja dulu. Setidaknya dengan memulai kamu tahu apa yang harus dikerjakan. Kamu bisa memulai meski hanya 2 sampai 5% dari keseluruhan. Mencicil pekerjaan lebih baik daripada tidak sama sekali.

Entah itu sebuah presentasi atau jenis pekerjaan lainnya. Mendapatkan ide dan garis besar saja sudah merupakan suatu kemajuan. Kamu bisa membagi idemu dengan tim, misalnya, sebelum melanjutkan pekerjaan. Atau bisa bertanya pada atasan, apakah ide dan cara kerjamu sudah benar. Tanpa memulai, kita sama sekali tidak tahu apa yang harus dilakukan.

  1. Tetapkan Gol Kecil

Gol kecil terdengar lebih mudah diwujudkan. Kamu bisa membagi pekerjaanmu menjadi beberapa tahap, lalu buat gol kecil. Misalnya kamu mulai kerja jam 8 pagi. Buatlah gol kecil, di jam 10 pagi sudah harus selesai 10%. Lalu sebelum makan siang harus sudah selesai 20%. Lanjutkan lagi setelah makan siang.

Membuat gol yang kecil seperti ini lebih tidak membuat stres. Beberapa orang lebih semangat untuk memulai pekerjaan karena seolah-olah pekerjaan jadi jauh lebih mudah. Meski sebenarnya sama saja.

  1. Me Time Saat Bekerja

Me Time di sini bukan untuk memanjakan diri sendiri, melainkan untuk menyelesaikan pekerjaan. Terkadang saat bekerja kita butuh waktu sendiri tanpa diganggu siapa pun. Kalau bekerja dari rumah ini lebih mudah. Karena kita cukup minta bantuan orang rumah untuk tidak mengganggu pekerjaan kita dalam waktu beberapa jam.

Lalu bagaimana kalau bekerja di kantor? Kamu juga bisa minta bantuan kolega untuk membantumu. Mintalah pengertian mereka bahwa kamu butuh waktu untuk fokus dan menyelesaikan pekerjaanmu. Minta izin terlebih dahulu untuk tidak menghadiri meeting atau pekerjaan di luar kantor. Asalkan, selama rentang waktu tersebut kamu benar-benar menyelesaikan pekerjaanmu, ya.

  1. Tinggalkan Dulu Smartphone Kesayangan

Saat ini tak sedikit orang yang hidup berdampingan dengan smartphone selama hampir 24 jam sehari. Hal ini wajar saja, karena hampir semua hal bisa dilakukan lewat penemuan teknologi yang canggih ini. Mulai dari berkomunikasi dengan keluarga dan kerabat di sosial media sampai segala bentuk hiburan ada di dalam smartphone.

Tapi kita harus tahu waktu juga. Kalau smartphone dirasa bisa mengganggu pekerjaan, maka kesampingkan dulu smartphone, kalau perlu atur ke mode silent. Jadi kamu bisa konsentrasi menyelesaikan pekerjaan tanpa terganggu notifikasi apa pun. Percayalah, bekerja dekat dengan smartphone sering kali menyebabkan distraksi.

  1. Jangan Menambah Pekerjaan

Saat dikejar deadline, kebanyakan orang akan menganggap waktu yang mereka punya terasa lebih sedikit. Karena itu, sering kali orang menjadi panik. Dalam keadaan seperti ini sebaiknya tidak lagi menambah pekerjaan, meskipun pekerjaan itu tampak ringan dan mudah dilakukan.

Karena itu, sangat penting untuk bisa berkata “tidak”. Saat tiba-tiba atasan menambah pekerjaan atau kolega minta bantuan, kamu harus bisa menolak. Pastikan kamu tahu apa yang jadi prioritasmu saat ini. selesaikan satu pekerjaan dulu. Kalau sudah beres, baru lakukan yang lain. Dengan begitu, kedua pekerjaan hasilnya akan baik.

  1. Kenali Kemampuan Tubuhmu

Tidak ada orang lain selain dirimu sendiri yang paling mengenal jam tubuhmu. Kenali kemampuan tubuhmu sendiri. Misalnya kamu tipe morning person, maka bekerjalah di pagi sampai sore hari. Tapi jika kamu tipe yang bisa berkonsentrasi di malam hari, maka atur waktu kerja di malam hari sesuai kemampuanmu.

Ada masanya tubuh dan otak akan terasa lelah. Kalau sudah begini, sebaiknya berhenti sejenak. Biarkan pikiran dan tubuhmu beristirahat. Isi perut, minum secara teratur, jalan-jalan keluar sesaat kalau perlu untuk menyegarkan pikiran agar tidak stres. Baru setelah tubuhmu kembali siap, segera lanjutkan pekerjaan kamu.

  1. Olahraga Teratur

Olahraga bukan hanya berfungsi bagi tubuh saja. Tapi olahraga juga baik untuk kerja otak kita. Olahraga telah terbukti mampu meningkatkan fokus dan meningkatkan memori manusia. Dengan berolahraga secara teratur, hormon yang membuat bahagia dan menghilangkan stres juga lebih meningkat.

Dengan begitu, saat bekerja pun kita bisa lebih fokus. Yang penting jangan berlebihan dalam berolah raga. Atau kalau tidak, justru tubuh kamu yang kelelahan.

  1. Istirahat Teratur

Salah satu pentingnya bekerja tepat waktu dan sesuai deadline adalah kita jadi punya waktu istirahat. Waktu tidur yang cukup dan kualitas tidur yang baik akan membuat kita bisa berpikir dengan baik. Sehingga hasil kerja pun jadi lebih baik daripada saat kita kurang tidur.

Deadline bisa terlihat menakutkan dan membuat kita malas untuk memulai. Tapi deadline akan tetap ada, jadi lebih baik mulai kerjakan sekarang juga. Langkah kecil jauh lebih baik daripada tidak sama sekali. Sekali lagi, mulai saja dulu sekarang!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tip fokus saat deadline, Mulai Sekarang Juga!, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Tip-Tip Finansial Yang Berhasil
7 Tip “Work From Home” Biar Tetap Produktif
7 Tips Kredit Mobil bagi Karyawan Gaji Pas-Pasan
Tip Meminjam Uang dari Saudara atau Teman
Tip Usaha Warung Kopi
Tip Menentukan Nama Brand Pakaian / Distro
Tip Memulai Usaha Dropshipping
Tip Berbisnis dari Para Milyarder
Tip Pedagang Online Mempersiapkan Belanja di Musim Liburan
Tip dan Saran untuk Bootstrapped Entrepreneur


Bagikan Ke Teman Anda